Sifat wujud zat

Senin, 13 Mei 2013

Pencemaran dan kerusakan lingkungan


PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN
Hutan
 Hutan yang gundul akan menjadi tandus karena tanah lapisan atas yang banyak mengandung humus terhanyut air hujan, apabila tanahnya miring akan terjadi longsor.
Upaya pelestariannya:
1. Reboisasi
2. Tebang pilih
3. Menyiapkan bibit siap tanam untuk menggantikan tanaman yang ditebang
4. Mengawasi dan memberi sangsi kepada yang menebang liar
Macam-macam pencemaran:
1. Pencemaran tanah
2. Pencemaran udara
3. Pencemaran air

Polusi
Polusi adalah masuknya sesuatu (baik mahluk hidup, zat atau yang lain) yang menyebabkan kualitas lingkungan menurun.
Penyebab polusi disebut polutan

Beberapa kreteria sesuatu dikategorikan polutan, antara lain:
1. Jumlahnya  melebihi batas normal
2. Berada pada tempat yang tidak tepat
3. Berada pada waktu yang tidak tepat.

O3 (OZON) untuk menyerap sinar ultraviolet dari matahari
CO2 dibutuhkan dalam proses fotosintesis
O2 dibutuhkan dalam proses respirasi
 
Komposisi udara yang bersih terdiri dari
- Nitrogen 78%
- Oksigen 20,94%
- Argon 0,93%
- CO2 0,032%
- dan selain zat di atas adalah sisa dari 100%.
Komponen polutan udara
1. Karbon monoksida (CO)
Tanah yang luas dapat bermanfaat untuk menyerap CO dengan bantuan mikroorganisme yang dapat mengikat CO bebas di udara.
Efek negative CO antara lain:
1.      Sangat beracun
2.      Menimbulkan iritasi mata
3.      Sakit pada saluran pernafasan dan paru-paru
4.      Kadar lebih dari 100 ppm menyebabkan kematian
Kadar CO pada udara bersih maksimal 0,1 ppm (0,00001%).
2. Nitrogen Oksida
NOx (nitrogen oksida)
-          Dihasilkan oleh: -  sisa pembakaran kendaran bermotor
-          - generator pembangkit tenaga listrik
-          - atau bahan bakar gas alam
-     batas maksimal di udara bersih adalah 0,05 ppm (0,000005%)
-          Efek negative NOx antara lain: menyebabkan kabut asap dan hujan asam.
-          Di udara tidak beracun.
3. Sulfur Oksida (SOx)
Ada 2 macam SO2 ( Sulfur dioksida) dan SO3 (Sulfur trioksida).
Perbedaan cirri-ciri SO2 dan SO3 sebagai berikut:
SO2
SO3
Berbau tajam
Tidak mudah terbakar
Tidak menimbulkan karat (korosi)
Bersifat reaktif
Mudah bereaksi yang menimbulkan korosi
Asal SO2 dari hasil pembakaran batu bara dan minyak bumi
SO2 jumlah diudara (konsentrasinya) lebih banyak dari pada SO3
SO2 + O2→ SO3
SO2 + Uap air → asam sulfit
Atau jika ditulis dengan reaksi kimia sebagai berikut:
SO2 + H2O → HSO2

Sedangkan
SO3 + Uap air → asam sulfat
Atau jika ditulis dengan reaksi kimia sebagai berikut:
SO3 + H2O → H2SO4

DEPOSISI ASAM adalah peristiwa turunnya asam sulfat (H2SO4) dan asam nitrat (HNO3) dalam bentuk butiran-butiran padat dan halus ke permukaan bumi akibat gaya tarik bumi.

AEROSOL adalah partikel padat atau cair yang terdispersi dalam media gas.
Macam-macam aerosol ada tiga yaitu:
1.      Fog (kabut) adalah butiran –butiran air dalam gas
2.      Smoke (asap) adalah butiran padat dalam media gas. Contohnya asap
3.      Dust (debu) adalah butiran halus diameter < 500 mikrometer

CFC
Di lepaskan oleh lemari es, busa styroform (plastic), dan  zat kimia penyemprot (contoh parfum)
CFC penyebab menipisnya lapisan ozon
OZON diatmosfir berfungsi untuk menyaring sinar UV (maksudnya sinar UV yang sampai pada ozon akan diserap sehingga tidak sampai ke bumi)
CFC bila bereaksi OZON (O3) akan menguraikan ozon menjadi O2. Peristiwa terurainya ini dinamakan penipisan lapisan ozon (lubang ozon).

 Timbel (Pb)
Pb dalam bensin berguna untuk meningkatkan kerja mesin motor .
Pb dapat berasal dari:   - gas buangan kendaran
                                      - makanan kaleng dan pipa timbel
Efek negative timbel menyebabkan:
-       Sakit kepala
-       Kelelahan dan
-       Depresi dan bahkan sampai menyebabkan kerusakan otak.
Akibat pencemaran udara
1.      Hujan asam
2.      Rusaknya lapisan ozon
3.      Efek rumah kaca
Akibat pencemaran pada tubuh manusia
1. Mata
2. Hidung, tenggorokan dan paru-paru
3. Jantung
4. otak

Pencemaran air
Indikatornya
1.      Perubahan suhu air meningkat
2.      Perubahan PH semakin asam atau semakin basa
3.      Perubahan warna, bau dan rasa



Jumat, 26 April 2013

Latihan Semester Ganjil kelas IX

LATIHAN UJIAN SEMESTER GANJIL
TAHUN AJARAN 2011-2012
         Mata Pelajaran : IPA (fisika)
         Hari/tanggal     : KAMIS, Desember Kelas : 9
         Alokasi waktu  : 45 menit
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.  Jika suatu atom bermuatan negatip, maka berarti …
     a. atom tersebut kelebihan proton
     b. atom tersebut kekurangan electron
     c. atom tersebut kelebihan electron
     d. atom tersebut kelebihan netron
2.  Sepotong kaca yang digosok dengan kain sutera akan bermuatan
     listrik positif, sebab…
     a. electron-elektron dari kain sutera pindah ke kaca
     b.electron-elektron dari kaca pindah ke kain sutera
    c.muatan positip dari kain sutera pindah ke kaca
     d.muatan positip dari kaca pindah ke kain sutera
6. Tabel pengukuran beda potensial dan kuat arus listrik.
     No      V (volt)        I (ampere)
     1         1,50                0,8
     2         2,80                1,50
     3         3,99                2,10
     Berdasarkan tabel tersebut, maka hubungan antara V, I, dan R adalah ...
     a.makin besar Vmakin besar I dan R tetap
     b.nilai R sebanding dengan I dan V
     c.nilai R merupakan hasil kali antara V dan I
     d.nilai I sebanding dengan R dan terbalik terhadap V
7. Untuk memindahkan 10 coulomb muatan listrik dari A ke B diperlukan
    energi 40 Joule. Beda potensial antara A dan B adalah ...
    a. 0,25 volt      b. 4 volt        c. 30 volt       d. 400 volt
8. Arah arus listrik adalah ...
      a. searah dengan arah gerakan elektron
      b. dari potensial tinggi ke potensial rendah
      c. dari potensial rendah ke potensial tinggi
      d. berlawanan arah dengan gerakan muatan positif
9. Perhatikan gambar!
10. Untuk memindahkan 2,5 coulomb muatan listrik diperlukan
       energi sebesar 12,5 Joule. Beda potensial sumber tegangan itu adalah …
       a. 0,2 V           b. 5,0 V             c. 10,0 V             d. 15,0 V
11. Garis gaya medan listrik dilukiskan seperti gambar di bawah ini. Dalam hal ini Muatan …..
        a. A positif, B negative                 c. A negative, B negatif
        b. A negative, B positif                 d. A positif, B positif
12. Dua buah benda bermuatan 3C dan 2C terpisah sejauh 0,01 meter.
      Jika konstanta K = 9 x 109 N m2/C2, maka besarnya gaya tolak-menolak
      kedua benda tersebut adalah ...
      a. 1 x 1013 N                   c. 54 x 1013 N
      b. 5 x 1013 N                   d. 64 x 1013 N
13. Gaya tarik atau gaya tolak antara dua muatan listrik dapat dinyatakan dengan hukum .
       a. Ohm                b. Coulomb          c. Newton        d. Joule
14. Satuan muatan listrik dalam SI adalah ...
     a. volt     b. Coulomb       c. Ampere       d. Watt
15. Untuk memindahkan muatan sebesar 5 C diperlukan usaha sebesar 3,5 Joule. Berapakah beda 
     potensialnya?
     a. 0,7 volt     b. 1,43 volt           c. 8,5 volt        d. 17,5 volt
16. Muatan sebesar 4 x 10 –9 C, mempunyai gaya coulomb 400 N.
      Berapakah kuat medan listriknya?
       a. 16 x 10 –7 NC                          c. 4,04 x 10 –7NC
       b. 1 x 10 11 N/C                           d. 1 x 10 –11 N/C
 7. Rangkaian hambatan berikut ini dapat diganti dengan sebuah hambatan yang besarnya ...
      a.5 Ω                    b.20 Ω                      c.55 Ω                  d.70 Ω
 18. Tiga buah hambatan pada masing-masing rangkaian di bawah ini sama besarnya. Rangkaian
       yang mengalirkan arus listrik paling besar adalah ...
19. Bila gaya tolak menolak antara dua muatan A dan B adalah F dan jarak antara A dan B
       diperkecil setengahnya, maka gaya tolak menolak tersebut menjadi ...
       a. F                  b. 2 F              c. 3 F                     d. 4 F
20. Kutub positif baterai terbuat dari …
     a. Batang karbon                     c. Kuningan
     b. Serbuk arang                       d. Batang seng

Rabu, 06 Maret 2013

INDIKATOR SOAL UTS KELAS 7 GENAP 2012/2013

INDIKATOR SOAL UTS KELAS 7 GENAP 2012/2013


1 Perubahan kimia yang terjadi sehari-hari Melalui beberapa contoh perubahan alam, siswa dapat menentukan perubahan yang termasuk perubahan kimia.
2 Macam-macam reaksi Diberikan suatu pernyataan, siswa dapat menentuknan suatu jenis reaksi.
3 Perubahan materi karena  foktor luar Diberikan beberpa contoh perubahan, siswa dapat menentukan perubahan yang disebabkana oleh perubahan tekanan.
4 Indikator reaksi kimia Diberikan suatu contoh reaksi kejadian alam dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan indikator reaksi yang terindra.
5 Kecepatan Reaksi Kimia diberikan suatu pernyataan, siswa dapat menentukan faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi.
6 Perubahan materi Diberikan suatu pernyataan siswa dapat menentukan macam perubahan materi.
7 Pengertian perubahan materi. Melalui suatu pernyataan, siswa dapat menentukan pengertian dari perubahan materi. 
8 Pengertian perubahan materi. Melalui suatu pernyataan, siswa dapat menentukan pengertian dari perubahan materi. 
9 Penulisan reaksi kimia Diberikan suatu pernyataan, siswa dapat menentukan penulisan reaksi kimia yang benar.
10 Penulisan reaksi kimia Diberikan suatu pernyataan, siswa dapat menentukan penulisan reaksi kimia yang benar.
11 Penulisan reaksi kimia Diberikan suatu pernyataan, siswa dapat menentukan penulisan reaksi kimia yang benar.
12 Perubahan fisika diberikan beberapa pernyataan siswa dpat menentukan contoh yang termasuk perubahan fisika.
13 Indikator Reaksi Kimia Diberikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan indikator-indikator terjadinya reaksi kimia.
14 Reaksi pembakaran Diberikan suatu pernyataan, siswa dapat menentukan zat yang diperlukan dalam suatu proses kimia.
15 Kesetaraan reaksi kimia Melalui suatu persamaan reaksi kimia, siswa dapat menentukan koefisien dari persamaan tersebut. 
16 Indikator terjadinya reaksi kimia Diberikan beberapa fenomena alam, siswa menentukan indikator yang reaksi kimia yang menyertainya.
17 Macam-macam persamaan reaksi kimia Diberikan beberapa persamaan reaksi kimia, siswa dapat menentukan persamaan reaksi penggantian.
18 Macam-macam persamaan reaksi kimia Diberikan beberapa persamaan reaksi kimia, siswa dapat menentukan persamaan reaksi penggabungan.
19 Kesetaraan reaksi kimia Diberikan beberapa persamaan reaksi kimia, siswa dapat menentukan persamaan reaksi yang sudah setara.
20 Alat ukur kalor Diberikan nama-nama alat pengukur, siswa dapat menentukan alat yang dapat  mengukur kalor.
21 Total kalor yang dibutuhkan Diberikan suatu grafik hubungan kalor dan suhu, siswa menentukan kalor yang dibutuhkan dalam suatu proses perubahan wujud zat tertentu
22 Hukum kekekalan energi Diberikan suatu nama tokoh ilmuan, siswa dapat menentukan pengertian kalor yang dirumuskan.
23 Perubahan wujud zat Diberikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan wujud yang melepaskan kalor.
24 Kebutuhan Kalor Diberikan tabel percobaan, siswa dapat menentukan percobaan yang membutuhkan kalor terbanyak. 
25 Perubahan wujud zat Diberikan grafik hubungan waktu dan suhu, siswa dapat menentukan suatu proses perubahan zat.
26 Kapasitas kalor diberikan suatu pernyataan, siswa dapat menentukan kapasitas kalornya.
27 Suhu Campuran Melalui gambar percobaan, siswa dapat menentukan suhu campurannya
28 Kebutuhan Kalor Melalui suatu pernyataan, siswa dapat menentukan kalor yang dibutuhkan.
29 Hubungan kalor dengan arah angin. diberikan beberapa pernyataan fenomena alam, siswa menentukan pengaruh kalor terhadap arah angin.
30 Pemanfaatan perpindahan kalor Diberikan beberapa fenomena alam, siswa dapat menentukan fenomena yang memanfaatkan perpindahan kalor.
31 Radiasi kalor terhadap materi Diberikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan fenomena alam yang berhubungan dengan radiasi kalor terhadap materi.
32 Isolator kalor terhadap materi Diberikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan fenomena alam yang berhubungan dengan isolator kalor terhadap materi.
33   Diberikan suatu pernyataan sifat materi, siswa dapat menentukan cara penghantaran kalor.
34 Pemahaman konsep asas black Diberikan suatu pernyataan siswa dapat menjelaskan proses azas blck terjadi.
35 Proses percepatan penguapan Diberikan beberapa pernyataan siswa dapat menentukan usaha-usaha mempercepat penguapan
36 Kebutuhan Kalor diberikan suatu skema perubahan materi, siswa dapat menentukaan perubahan yang membutuhkan energi. 
37 Kekekalan energi diberikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan pernyataan kekekalan energi yang benar.
38 Perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari Melalui contoh perubahan yang terjadi sehari-hari, siswa dapat menentukan  pengaruh kalor terhadap perubahannya.
39 Penentu banyaknya kalor yang dibutuhkan  Diberikan dua contoh peristiwa 2 zat dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan peneyebab jumlah kalor yang dibutuhkan. 
40 Perubahan wujud zat Diberikan suatu contoh perubahan wujud zat, siswa dapat menentukan penyebab perubahan tersebut.

Selasa, 12 Februari 2013

PEWARISAN SIFAT

PEWARISAN SIFAT

Sifat itu dalam bahasa orang umum adalah ciri-ciri dari suatu individu.
Sifat berada (dibawa) oleh gen. Gen berada di dalam kromosom. Kromosom berada di dalam sel.
Individu multi selluler (misal: manusia) tersusun oleh sistem organ-sistem organ.
Sistem organ --->organ--->jaringan--->sel
di dalam sel ada organel-organel.
Salah satu organel adalah inti sel (nukleus).
Nukleus di dalamnya ada kromosom--->DNA--->gen
Jadi sifat yang akan diturunkan ke anaknya berkat informasi pada gen.
Tempat gen di dalam kromosom disebut LOKUS.
Gen ini dapat menyerap zat warna.
Sebenarnya di dalam kromosom berbentuk benang-benag halus.
Benang-benang halus yang dapat menyerap warna inilah disebut RETIKULUM KROMATIN.
RETIKULUM = jala yang halus;
KROMA = warna;
TIN = badan.
STRUKTUR KROMOSOM
 
Macam-macam bentuk kromosom:
 
 



















Dalam pembahasan persilangan yang diwariskan kepada turunannya perlu dikenal istilah-istilah di bawah ini.
Dominan= sifat yang menang, disimbulkan dengan huruf kapital. (misal: MM, atau HH)
Resedif = sifat yang dikalahkan oleh dominan, simbolnya mengikuti simbol huruf yang dominan
                 tetapi hurufnya kecil (mm atau hh)
P = singkatan dari PARIENTAL (INDUK)
G = singkatan dari GAMET
F = singkatan dari filial
FENOTIPE = sifat yang tampak (misal tampak tinggi, walaupun kadang-kadang membawa sifat
                       pendek)
GENOTIPE = sifat yang sesungguhnya (misal MM, atau HH)
HOMOZYGOT = sifat yang sama dari tiap jenis. misal MM atau mm
HETEROZYGOT = sifat yang tidak sama dalam tiap jenis (misal = Mm atau Hh)
Tugas Gen terdiri dari:
1. mengatur metabolisme dan
2. membawa sifat.
ALEL = anggota dari sepasang gen
Gamet berasal dari perpisahan dari gen
1. misal MM gametnya adalah M (hanya satu yang ditulis sedangkan yang lain tidak ditulis karna
    dicukupi oleh satu simbol)
2. misal Mm gametnya adalah M, m
3. misal AaBb gametnya AB, Ab, aB, dan ab (jadi ada empat gamet)
Perpisahan Mm menjadi M, m inilah menjadi hukum Mendel I
Perpisahan berkelompok misal MmKk menjadi MK, Mk, mK dan mk,
     (ini menurut hukum Mendel II)