Sifat wujud zat

Jumat, 12 September 2014

METODE ILMIAH IPA



METODE ILMIAH IPA

Tiga langkah kunci dalam proses pengembangan IPA (metode ilmiah):
1)      melakukan pengamatan,
2)      menginferensi
3)      mengomunikasikan.

Pengamatan merupakan kegiatan untuk mengumpulkan data 
dan informasi, dengan panca indra dan/atau alat ukur yang sesuai.

Inferensi meliputi merumuskan penjelasan berdasarkan 
pengamatan, untuk menemukan pola-pola, hubungan-hubungan, 
serta membuat prediksi.

Komunikasi merupakan penyampaian hasil kegiatan kepada 
teman sejawat, baik lisan maupun tulisan. 
Yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam 
bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan

Manfaat belajar IPA:
1)meningkatkan kualitas hidup
2)memahami berbagai hal di sekitar kita
3)menyelesaikan masalah
                  4)berfikir logis dan sistematis

Minggu, 17 Agustus 2014

Materi (KD) IPA kelas 7 ganjil 2014/2015

Materi (KD) IPA Kelas 7 Ganjil 2014/2015
SMP NEGERI 5 PROBOLINGGO



1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;kritis;kreatif;inovatif dan peduli lingkungan).
3.1   Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
4.1  Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;kritis;kreatif;inovatif dan peduli lingkungan).
3.2  Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.3   Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak- hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati .
4.2   menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (mahluk) hidup dan tak hidup.
4.3   Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda – benda, tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar.
1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;kritis;kreatif;inovatif dan peduli lingkungan).
3.4   Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel.
4.4   Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan.
4.5   Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya.
1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;kritis;kreatif;inovatif dan peduli lingkungan).
3.5   Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
4.6   melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia.
4.7   melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami.

Kamis, 07 Agustus 2014

sosialisasi KI dan KD kelas 8 Ganjil 2014-2015

KOMPETENSI DASAR IPA KELASVIII
SEMESTER GANJIL 2014-2015
SMP NEGERI 5 PROBOLINGGO


3.1  Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
4.1  Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
3.2  Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut.
4.2   Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan).
3.3  Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia.
4.3  Melakukan penyelidikan tentang sifat- sifat bahan dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam kehidupan sehari-hari.
3.4  Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi.
 4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari
3.5  Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia.
4.5  Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana.
3.6  Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan.
4.6  Melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan.
3.7  Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan.
4.7  Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika.

Senin, 02 Juni 2014

UKK Genap Kelas 8 2013-2014

MATERI UJIAN SEMESTER GENAP 
KELAS 8 TAHUN 2013-2014
3.1  konsep atom, ion, dan molekul
3.2      Hubungan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
3.3  Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa
1.5.  Sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.6 sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
2.1  struktur dan fungsi jaringan  tumbuhan
2.2  proses perolehan  nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau.
2.3  macam-macam gerak pada tumbuhan.
2.4 identifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
6.1 konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.
6.2  konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
6.3 sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa.
6.4  alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari