KISI-KISI UAS KELAS VII GENAP 2012-2013
|
||
Pokok Materi
|
indikator
|
soal
|
Ciri-ciri makhluk
hidup
|
Disajikan peristiwa yang menunjukkan ciri-ciri makhluk
hidup. Siswa dapat menyebutkan ciri makhluk hidup berdasarkan uraian
peristiwa.
|
1
|
Ciri-ciri makhluk
hidup
|
Disajikan gambar ciri makhluk hidup. Siswa dapat
menyebutkan ciri makhluk hidup berdasarkan gambar.
|
2
|
Ciri-ciri makhluk
hidup
|
Disajikan peristiwa yang menunjukkan ciri-ciri makhluk
hidup. Siswa dapat menyebutkan ciri makhluk hidup berdasarkan uraian
peristiwa.
|
3
|
Klasifikasi
makhluk hidup
|
Siswa dapat
mengurutkan tingkatan takson dari tingkatan tertinggi sampai tingkatan
terendah
|
4
|
Klasifikasi
makhluk hidup
|
Disajikan daftar
ciri-ciri tumbuhan, siswa dapat menentukan ciri yang dimiliki oleh tumbubuhan
dikotil
|
5
|
Klasifikasi
makhluk hidup
|
Siswa dapat menentukan
cir khas tumbuhan biji tertutup
|
6
|
Klasifikasi
makhluk hidup
|
Disajikan nama berbagai hewan, siswa dapat menentukan
hubungan kekerabatan yang paling dekat dari hewan-hewan tersebut
|
7
|
Organisasi
kehidupan
|
Sisaw dapat menentukan organel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan
|
8
|
Organisasi
kehidupan
|
Siswa dapat menentukan urutan yang benar dalam struktur
organisasi kehidupan
|
9
|
Organisasi
kehidupan
|
Siswa dapat menentukan organ penyusun sistem pernapasan
|
10
|
Sifat kimia
|
Disajikan beberapa
pernyataan, siswa dapat menentukan salah satu contoh sifat kimia zat
|
11
|
Sifat Fisika
|
Disajikan beberapa
sifat zat, siswa dapat menentukan yang merupakan sifat fisika
|
12
|
Perubahan fisika
|
Disajikan beberapa peristiwa perubahan materi, siswa
dapat menentukan yang termasuk perubahan fisika
|
13
|
Perubahan fisika dan
kimia
|
Disajikan peristiwa perubahan materi,siswa dapat
menyimpulkan perubahan materi tersebut
|
14
|
Pemisahan campuran
|
Siswa dapat menentukan cara
pemisahan campuran untuk membuat air tawar dari air laut
|
15
|
Pemisahan campuran
|
Siswa dapat menentukan teknik
pemisahan campuran dalam pembuatan minyak wangi.
|
16
|
Pemisahan campuran
|
Siswa dapat menentukan
teknik pemisahan campuran yang berguna dalam pengujian pemakaian obat-obat terlarang
|
17
|
Reaksi kimia
|
Disajikan beberapa
pernyataan, siswa dapat menentukan ciri-ciri reaksi kimia.
|
18
|
Reaksi kimia
|
disajikan beberapa
pernyataan, siswa dapat menentukan alasan meningkatnya laju reaksi kimia
|
19
|
Reaksi kimia
|
Disajikan suatu
peristiwa reaksi kimia , siswa dapat menyimpulkan peristiwa tersebut
|
20
|
Reaksi Kimia
|
Disajikan contoh
peristiwa, siswa dapat menentukan yang merupakan contoh raeksi eksoterm
|
21
|
Pemuaian
|
Siswa dapat menentukan
alasan salah satu penerapan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
|
22
|
Pemuaian
|
Siswa dapat memntukan
panjang batangsuatu logam setelah
mengalamai pemuaian
|
23
|
Pemuaian
|
Disajikan gambar bimetal, siswa dapat menyimpulkan
keadaan keadaan bimetal setelah dipanaskan
|
24
|
Pemuaian
|
Disajikan gambar hasil percobaan pemuaian pada zat cair,
siswa dapat menentukan nilai koefisien muai volum zat cair
|
25
|
Kalor
|
Disajikan diagram perubahan wujud zat, sisiwa dapat
menentukan perubahan wujud zat yang melepaskan kalor
|
26
|
Kalor
|
Siswa dapat menghitung
banyaknya kalor yang diperlukan untuk menguapkan air
|
27
|
Kalor
|
Disajikan grafik
hubungan antara suhu dan banyaknya kalor, sisiwa dapat menentukan besar kalor
|
28
|
Kalor
|
Disajikan gambar percobaan pemanasan suatu logam, siswa
dapat menentukan cara perpindahan kalor dari gambar tersebut
|
29
|
Hubungan antar
komponen ekosistem
|
Disajikan bagan jaring-jaring makanan, siswa dapat
menentukan hubungan antar makhluk hidup dalam rantai makanan
|
30
|
Hubungan antar
komponen ekosistem
|
Siswa dapat menentukan contoh ketergantungan antara
komponen biotik dan abiotik
|
31
|
Jaring-jaring
makanan
|
Disajikan bagan jaring-jaring makanan , siswa dapat
menentukan peranan makhluk hidup dalam jaring-jaring makanantersebut
|
32
|
aliran energi
|
Disajikan diagram aliran energi yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapi diagram aliran energi tersebut
|
33
|
Pelestarian
ekosistem
|
Siswa dapat menentukan pengertian cagar alam
|
34
|
Peletarian SDA
|
Siswa dapat menentukan contoh bentuk pelestarian alam
secara ex situ
|
35
|
Peletarian SDA
|
Siswa dapat menentukan
usaha yang dapat mnyebabkan merosotnya kualitas SDA
|
36
|
Pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap
lingkungan
|
Disajikan pernyataan tentang permasalahan lingkungan,
sisiwa dapat menentukan permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh
besarnya jumlah penduduk.
|
37
|
Pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap
lingkungan
|
Siswa dapat menentukan dampak pertambahan penduduk
|
38
|
Pencemaran udara
|
Disajikan pernyataan tentang permasalahan lingkungan,
siswa dapat menentukan dampak dari pemanasan global
|
39
|
Pencemaran air
|
Disajikan keadaan suatu ekosistem air yang mengalami
perubahan, siswa dapat menentukan penyebab dari kedaan ekosistem air yang
mengalami perubahan.
|
40
|
Minggu, 19 Mei 2013
KISI-KISI UAS KELAS VII GENAP 2012-2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar